RSS

JAVA Development tools & training

09 Agu

1. Saya mau minta saran development tools untuk IDE Java. Aplikasi apa yang efisien(mudah, berfitur baik) untuk digunakan? 2. Apakah pihak Sun Indonesia pernah atau akan melakukan pelatihan- pelatihan seperti yang telah dilakukan oleh pihak lain? bila ya, saya tertarik untuk mengikuti, terutama yang berhubungan dengan pengembangan Java dan aplikasi- aplikasinya. Jika ada tolong kirimkan jadwalnya ke email saya. TERIMA KASIH.

Dijawab Oleh: PT. Sun Microsystem Indonesia
1. Untuk Java IDE, Sun memiliki dua produk yaitu Sun Java Studio Enterprise dan Sun Java Studio Creator, keduanya bisa didownload gratis dengan mendaftar sebagai anggota SDN di http://java.sun.com/. JS Enterprise ditujukan untuk Java Enterprise development seperti EJB development, lengkap dengan kemampuan untuk perancangan arsitektur dan modelling dengan UML. Sementara JS Creator lebih ditujukan untuk Java Enterprise web development, seperti JavaServer Pages (JSP), JavaServer Faces (JSF), Portlets, dan Web Services. JS Creator memberikan kemudahan dengan penggunaan antarmuka grafis untuk pembuatan aplikasi web.

Kedua produk tersebut dibangun di atas IDE opensource Netbeans (http://www.netbeans.org). Untuk pengembangan aplikasi Java desktop standar, Netbeans sudah mencukupi. Netbeans merupakan Java IDE yang sangat lengkap, dengan visual editing tools, profiling, debugger dan deployer yang terintegrasi.

2. Untuk education program and training Java, SUN mempunyai beberapa alternatif :
1) Untuk pelajar/mahasiswa, SUN mempunyai program Sun Academic Initiative (SAI) dimana Java menjadi bagian dari kurikulum yang diberikan di lembaga pendidikan yang menjadi partner SUN yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Institut Teknologi Bandung, PENS Institut Teknologi Surabaya, Universitas Islam Indonesia-Yogyakarta, dan Inkom LIPI dan beberapa kampus swasta di Bandung. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SAI, Sdr bisa menghubungi lembaga-lembaga pendidikan tersebut diatas.

2) Untuk profesional training dan development, Sun memiliki partner yang disebut Authorized Sun Education Center (ASEC) yang memberikan training dan sertifikasi untuk materi Java dan Solaris. Dalam beberapa tahun terakhir, Sun memberikan funding khusus untuk training dan sertifikasi Java dengan tujuan meningkatkan jumlah developer yang mengambil paket training dan sertifikasi dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terbaik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket training dan sertifikasi, Sdr bisa menghubungi partener ASEC kami, yaitu Inixindo (021-57940868 / http://www.inixindo.co.id) dan Mitra Integrasi Informatika (021-2511360 / http://www.miimlc.metrodata.co.id).

Regards,
Puti Anggraini
Marketing Communications
PT Sun Microsystems Indonesia

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Agustus 2007 in PTI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: