RSS

Joomla dan Google Adsense

26 Agu

Google AdSense adalah program pengiklanan Google yang sedang populer saat ini. Pemilik Situs boleh mengikut program ini dengan menampilkan iklan teks, gambar dan melalui halaman situs mereka, iklan akan muncul sesuai dgan isi situs atau blog. Pemilik situs akan mendapat penghasilan dari klik (cpc), kunjungan (cpm) dan refferal produk google (adsense, adword, firefox, checkout dst).

Joomla adalah Open Source Content Management Systems yang memberikan banyak kemudahan dalam mengelola adsense (dibanding Open CMS lain). Untuk memudahkan saya akan membagi ekstensi gratis berdasarkan fungsinya.

1. Plugin Section Adsense

Sebelum situs joomla dipasang adsense, akan lebih baik memasang script ini. Script ini adalah script yang direkomendasikan oleh Google Adsense Support pada situs atau blog untuk membuat iklan adsense relevan dengan isi situs.

Biasanya kalo di situs atau blog mensisipkan<!– google_ad_section_start –> setelah <body> dan <!– google_ad_section_end –> sebelum </body> di templatenya (bisa memakai joomla bisa disisipkan di template editor). Bila ingin lebih mudah akan lebih baik memakai plugin adsense section, ini juga membantu kalo memakai banyak template dalam satu situs dan hobi menganti-ganti template. Cara pengoperasiannya sangat mudah anda tinggal install dan aktifkan plugin (mambot) ini.

Download

2. Plugin Adsense

Fungsi Plugin (mambot) adalah menampilkan iklan adsense di didalam konten, bisa sih anda memasukan iklan secara manual tapi akan merepotkan apalagi kalo anda banyak memposting konten. Keuntungan lain adalah iklan bisa lebih relevan dengan isi konten (dibanding dengan modul adsense) dan iklan lebih menyatu (blended) dengan isi konten (sehingga kemungkinan diklik lebih tinggi). Dengan Plugin ini anda bisa membuat adsense tampil diatas, dibawah, ditengah, kiri kanan dst. Anda bisa mengubah ukuran ads dan warna tanpa harus membuka dan mengambil script google.com/adsense

http://joomlacode.org/gf/project/absalom_media

http://www.turkcebilgi.net/adsense.zip

http://www.infoescomar.net/products/adsense-4joomla/

3. Modul Adsense

Pada dasarnya Modul adsense hampir sama dengan Plugin Adsense bedanya iklan akan muncul di lokasi modul seperti left, right, header, footer, banner sesuai dengan lokasi banner yang di sediakan oleh template joomla anda. Keuntungan lain memakai modul adalah kita bisa mengatur kapan modul ini akan muncul, misalnya di component apa, link kontent apa dst.

Bisa juga sih code javascript dari kita masukan langsung ke modul tapi hal ini akan menimbulkan kesulitan di kemudian hari misalnya jika kita berganti template, mengeser posisi iklan atau mengubah ukuran iklan kita harus membuka google.com/adsense lagi padahal dengan modul kita bisa langsung mengubah sewaktu-waktu (Kalo ada yang mudah kenapa dibuat susah).

Modul Adsense ada beberapa masing-masing punya nilai tambah tertentu

3.1. Modul Adsense Standar

Pada dasarnya modul ini sama saja dengan plugin adsense hanya posisi pada modul.

JoomlaspanModules

Ecomatrix

3.2. Modul ClickSafe Adsense

Modul Adsense memblok IP tertentu untuk melindungi account adsense kita.

AdSense Module (ClickSafe – Special Edition) mirip JoomlaspanModules hanya ada tambhan kolom blok alamat ip tertentu.

Google Adsense For Adlogger User Modul ini harus install Adlogger dulu, adlogger berguna untuk melindungi dan memblok ip yang melakukan clik fraude ke iklan adsense kita (ini buatan rekan kita lo).

Google AdSense With Adlogger Support hampir sama modul diatas namun buatan webauthority.info.

3.3. Modul Revenue Sharing

Modul Revenue Sharing gunanya adalah membagi keuntungan dari iklan adsense situs dengan user kita umumnya situs komunitas melakukan ini untuk memberikan semangat user untuk lebih banyak posting atau berinteraksi do situs atau blog kita.

Yang perlu di catat google adsense hanya memperbolehkan dalam 1 account adsense dalam 1 halaman, jika memakai Modul Revenue Sharing iklan adsense dari account yang berbeda tidak boleh ditampilkan bila tidak ingin di banned. Keuntungan dari Revenue Sharing bisa pembagian kelaurnya iklan bisa diatur antara pemilik situs dan user.

http://www.justin-cook.com//free-joomla-module-adsense-revenue-sharing/

http://www.bitsofnews.com/downloads/mod_revsharelight.zip

C.B. Integrated Adsense Revenue Sharing Module

3.4. Module Google Adsense Referral

Modul ini untuk memudahkan mereferensikan sejumlah produk referral google adsense. Dengan modul ini and bisa mngubah ukuran atau bentuk dari sejumlah refferal adsense tanpa harus membuka google.com/adsense.

http://www.asicualquiera.com

http://www.joomlaspan.com/

http://www.borghunter.com/download-Google+Refferal+Module-item10.html

4. Modul Google AdSense Search

Modul ini untuk menapilkan Google AdSense Search di situs joomla kita, bila kita melakukan pencarian di situs atau internet kita mendapatkan pendapatan dari banyaknya pencarian dan klik iklan.

http://www.acajoom.com

http://www.borghunter.com/download-Infinity+Search+Module-item9.html

Sebenarnya ada beberapa custom modul dan plugin khusus adsense akan tetapi karena tidak praktis dan jarang dipakai tidak saya sertakan disini demikian juga dengan komponen, modul dan plugin komersial (berbayar). Satu modul yang legendaris tapi sekarang tidak dipakai lagi karena ada aturan baru google adsense adalah adsense booster, modul ini menampilkan gambar yang bisa kita tentukan secara random di samping iklan.

Sekedar informasi ada modul yang sangat bagus namanya iJoomla GoogleStyle Module gunanya adalah membuat konten mirip dengan iklan adsense.

Memasang adsense adalah langkah awal masih panjang jalan membuat Joomla anda menghasilkan uang, mulai mengisi konten yang menarik atau unik, optimasi search engine, riset pasar dst. Pokoknya tetap semangat jangan pernah ambil jalan pintas (yang dilarang policy/tos goolge adsense). Mensatir pribahasa salah satu teman saya, “Alon-alon waton sugih (Pelan-pelan asal kaya)”.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Agustus 2007 in Web

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: