RSS

Sehat dan Aman kah Situs Joomla Anda?

26 Agu

Walaupun Joomla mendapat kan penghargaan disana sini sebagai CMS terbaik, jangan sampai hal ini membuat Anda lengah dan menganggap Situs Joomla Anda 100% aman atau secure dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Celah celah keamanan ini memang tidak selalu berasal dari Joomla Anda (bisa juga dari settingan hosting/server Anda), tetapi akan sangat baik apabila Anda bisa memperkecil kemungkinan tersebut dengan dimulai dari instalasi joomla anda sendiri yaitu dengan mengetahui kadar sehat atau tidak nya website joomla Anda.

Jadi apa yang dapat saya lakukan?

Langkah pertama yang mutlak Anda lakukan adalah selalu mengupdate versi instalasi Joomla Anda ke versi yang terakhir, atau apabila Anda tidak ingin mengupdate keversi terakhir pastikan bahwa di versi yang paling akhir tidak terdapat High Security Level fix.

Kedua, dari pengalaman yang ada, penyebab terbesar dari kasus pembobolan situs (hacking) berasal dari instalasi komponen komponen yang tidak secure yang telah diinstall sembarangan oleh si pembuat website tanpa mengetahu terlebih dahulu status security dari komponen yang bersangkutan.
Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari komponen yang telah terinstall dan jangan lupa selalu memonitor daftar Komponen komponen berbahaya yang selalu di update oleh tim joomla disini

Ketiga, Untuk mempermudah pekerjaan Anda, Anda dapat menginstall Joomla!ToolsSuite (dapat Anda download disini ) untuk mempermudah pekerjaan Anda.
Setelah diinstall, tools ini akan melakukan diagnosa secara otomatis terhadap situs joomla Anda berupa permission check, version check, script check dll.

Semoga Bermanfaat

Catatan :
Cara menginstall Joomla!ToolsSuite sangat gampang. Buat sebuah folder didalam root joomla Anda (misalnya : JTS) dan upload semua file nya kedalam folder tersebut.

Untuk menggunakannnya Anda tinggal mengakses folder tersebut dari browser.
Setelah Anda menggunakan program ini jangan lupa untuk segera menghapusnya, karena program ini dapat digunakan orang lain untuk mengetahui informasi informasi yang sensitif pada website Joomla Anda

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Agustus 2007 in Web

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: