RSS

Seri 2 Cara Pembuatan Template Joomla

26 Agu

ada seri kedua Cara Pembuatan Template Joomla ini kita akan membahas tentang tool-tool yang akan membantu kita dalam pembuatan template.
Berikut ini adalah beberapa tools yg biasa saya pergunakan dapat membantu pekerjaan saya dalam membuat template joomla :

Photoshop dan Tools desain lain
Banyak software pengolah grafis yang bisa digunakan, diantaranya adalah Photoshop, Fireworks, Paintshop Pro, Corel Photopaint, Gimp (untuk pengguna linux) dan sebagainya. Pada dasarnya semuanya dapat dipergunakan akan tetapi akan lebih baik menggunakan software yang mempunyai fasilitas-fasilitas optimalisasi gambar untuk web seperti fungsi ’Save for Web’ nya photoshop.
Dreamweaver
Aplikasi pengolah bahasa pemrograman web keluaran Macromedia ini sekali lagi juga bukan merupakan keharusan. Anda masih bisa menggunakan banyak sekali aplikasi pengolah web yang tersedia di pasar. Bahkan ketika Anda tidak menemukan satu software yang cocok pun, aplikasi notepad yang tersedia pada setiap paket instalasi windows Anda sudah cukup untuk melakukan pemrograman web (beberapa orang malah lebih menyukai pemakaian aplikasi yang kecil dan ringan ini daripada pemakaian aplikasi web yang besar kompleks tapi kadang-kadang mempunyai beban loading dan memakan source komputer secara besar)
Joomla Solution Extension
JoomlaSolution Extension adalah sebuah program kecil tambahan atau plugin pada software Dreamweaver yang nantinya akan memunculkan toolbar berisi tombol-tombol tambahan pada Aplikasi Dreamweaver Anda yang apabila di klik akan menghasil kan kode-kode standar program dari Joomla sehingga kita tidak harus mengetik nya lagi secara manual.
Tool ini cukup berguna untuk memudahkan pekerjaan kita dan cukup efektif untuk menghindari kesalahan ketik pada kode progam bagi kita yang baru mengenal Joomla.
Untuk menginstallnya anda cukup mengklik dua kali pada file Joomla Solution Extension yang telah Anda download dan mengikuti proses instalasinya.

Note : Anda dapat mendownloadnya dari halaman download id-joomla ini, pilih bagian Tools

XML generator
XML generator adalah sebuah program kecil yang nantinya akan membantu kita dalam membuat file instalasi template secara otomatis.
Extract file ini didalam folder htdocs didalam directory anda dan akses melalui browser dengan alamat http://localhost/xmlgenerator

Note : Anda dapat mendownloadnya dari halaman download id-joomla ini, pilih bagian Tools

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Agustus 2007 in Web

 

2 responses to “Seri 2 Cara Pembuatan Template Joomla

  1. indam

    6 Mei 2010 at 5:35 AM

    Thanks infonya!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: