RSS

Layout dan Metode Navigasi Web

30 Agu

Navigasi Web adalah bagian dari situs Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari. Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai tip dasar bagaimana menampilkan sebuah navigasi situs Web. Pada artikel ini, kita akan mengenal navigasi Web berdasarkan tata-letak dan metode penampilan navigasi tersebut.

Posisi Navigasi
Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.

Top Navigation (Navigasi di atas)
Navigasi ini cocok diterapkan pada situs-situs portal dengan banyaknya menu atau fasilitas yang ditawarkan. Navigasi ini cukup menghemat tempat dibandingkan dengan navigasi pada bagian lain. Umumnya (pada situs portal), navigasi ini hanya menggunakan teks tanpa icon atau image. Dikarenakan menghemat tempat, kolom kiri atau kanan situs dapat digunakan untuk banner.

Left Navigation (Navigasi di kiri)
Bila menu situs Anda tidak begitu banyak, navigasi di sebelah kiri lebih cocok dipergunakan. Navigasi pada posisi ini menawarkan banyak kreasi-kreasi yang berlainan, Anda dapat menggunakan Icon atau animasi agar lebih “eye-catching”. Pengunjung akan mudah terbiasa dengan tampilan menu di bagian kiri, karena mereka sudah terbiasa dengan tampilan menu disebelah kiri pada OS mereka.

Right Navigation (Navigasi di kanan)
Navigasi ini jarang dipergunakan untuk menu utama, biasanya bagian kanan lebih sering dipergunakan untuk menampilkan fitur-fitur dari menu utama.

Free Navigation (Navigasi bebas)
Navigasi ini dapat terletak pada bagian-bagian lain dari sebuah situs, navigasi ini sering dipergunakan pada situs-situs dengan menggunakan animasi Flash. Saran saya dalam menampilkan navigasi ini, beri penekanan pada pengunjung bahwa bagian tersebut adalah navigasi misalnya dengan menggunakan movie yang berada disekitar navigasi, Anda dapat menggunakan cara lain, yang terpenting tonjolkan navigasi tersebut.

Metode Tampilan Navigasi
Navigasi dapat ditampilkan dalam berbaga media yaitu teks, image, atau animasi. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Teks
Menampilkan menu dalam teks bisa jadi kurang menarik perhatian pengunjung bila Anda tidak meramu-nya dengan baik. Beri “tanda” lebih bahwa teks itu adalah navigasi misalnya dengan sedikit memperbesar huruf dari pada teks yang dipergunakan, menambahkan garis, atau warna pada latarnya. Kelebihan dari metode ini adalah waktu downloading yang cepat, jadi sangat cocok diterapkan pada situs yang memiliki banyak menu.

Image
Menampilkan menu dalam image menawarkan banyak sekali variasi, misalnya dengan icon dan penggunaan huruf dan bentuk yang lebih bebas. Sebaiknya, navigasi menggunakan images ini menggunakan warna yang tidak kompleks, makin sedikit warna ukuran file akan semakin sedikit.

Animasi
Navigasi ini memang terlihat sangat menarik dengan berbagai interaktifitas visual yang ditawarkan. Bila Anda menggunakan Flash, tes terlebih dahulu waktu download dari menu tersebut. Jangan sampai pengunjung menunggu lama untuk dapat melihat menu. Pada browser yang tidak terdapat plugin Flash, navigasi ini tentu saja tidak akan tampil. Beri alternatif bagi pengunjung yang menggunakan browser yang tidak terinstall flash player.

Berkreasi-lah dengan navigasi, cocokan dengan tema situs yang Anda buat, namun ada pepatah lama mengatakan:“Tampilkan navigasi terlebih dahulu sebelum konten”.

(Sumber : Desainworld.Master.web.id )

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Agustus 2007 in Web

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: