RSS

Mengapa Harus Web Standard

30 Agu

Beberapa rekan desainer terkadang mengeluh ketika diminta untuk memvalidasi situs Web yang mereka buat. “Toh situs masih dapat dilihat dengan baik tanpa validasi” ungkap salah seorang rekan. Di kalangan desainer kita, istilah mem-validasi memang belum begitu populer, bahkan gara-gara ia mem-validasi webnya malah menambah kesulitan baru karena begitu banyaknya tag dalam desain yang ia buat ternyata tidak valid dan ia harus memperbaikinya satu per satu tag dalam desain.Pada publikasi yang ditulis di W3C dan mengungkapkan keuntungan-keuntungan dari situs yang valid, diantaranya adalah:

Memudahkan Pengembangan dan Maintenance:
Menggunakan tag-tag yang ditulis secara terstruktur akan memudahkan bagi orang lain untuk mengerti isi dari dokumen html.

Kompabilitas dengan browser-browser terbaru:
Ketika Anda menggunakan kode valid dan standard, akan mengurangi resiko data yang Anda gunakan tidak dimengerti oleh browser terbaru.

Mempercepat Download dan Rendering HTML:
Tag HTML yang minimalis akan menghasilkan filesize yang kecil pula, selain itu akan mempercepat waktu downloading. Browser Masakini (modern) akan merender halaman HTML lebih cepat bila dokumen HTML tersebut dalam keadaan valid.

Aksesibilitas lebih baik:
HTML valid yang terstruktur dan terpisah dari tag-tag visual akan lebih mudah dimengerti oleh screen reader dan browser alternatif untuk menterjemahkan isi dari dokumen tersebut.

Peringkat Search Engine yang Lebih Baik:
Pemisahan antara konten dengan presentasi visual (HTML dan CSS) akan mempermudah search engine dalam membaca isi dokumen karena konten memiliki porsi terbesar dalam dokumen.

Lebih mudah adaptasi:
Halaman HTML yang terpisah antara konten dan tampilan visual (CSS) akan mudah beradaptasi dengan penggunaan teknologi lain. Bila Anda memerlukan versi cetak, dengan mudah Anda dapat mengganti CSS atau mendisable-kan CSS.

Web Standard adalah masa depan, perkembangan dunia Web akan bertolok ukur dari Web Standard yang dicanangkan oleh W3C. Jadi, melangkahlah lebih maju menuju masa depan dengan menggunakan Web Standard.

(Sumber : Desainworld.Master.web.id)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Agustus 2007 in Web

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: