RSS

Tips: Membangun Navigasi Situs

30 Agu

Navigasi pada sebuah situs ibarat sebuah petunjuk jalan atau peta, memberikan pilihan kepada pengunjung bagian mana yang akan ia kunjungi. Oleh karena itu, pembangunan sebuah navigasi tidak dapat dianggap remeh. Sebab, pengunjung akan merasa kesal dan bingung bila sebuah situs memiliki navigasi yang kurang baik dan “menyesatkan”.

Lalu bagaimanakah sebaiknya navigasi situs itu dibuat dan ditampilkan?

Perencanaan
Sebelum Anda membuat navigasi sebuah situs, tentunya hal pertama Anda membuat konsepnya. Dalam membuat konsep tersebut, Anda dapat membangun alur navigasi dalam bentuk tampilan pohon (tree-view), digambarkan mulai dari yang umum kemudian bercabang menjadi yang lebih khusus dan mendetil. Disini pula Anda dapat menentukan bagian paling atas atau root dari alur menu.

Topik Umum Pada Navigasi
Dari gambaran tersebut Anda tentunya sudah mendapatkan menu atau topik mana sajakah yang akan ditampilkan dalam navigasi. Tentunya, bagian paling ataslah dari tampilan pohon (dalam sketsa) yang dicantumkan dalam navigasi. Menu teratas itulah yang berguna sebagai gambaran umum dari menu atau bagian lain situs yang bersifat khusus.

Konsisten
Dalam meletakan sebuah navigasi, simpanlah navigasi pada tempat yang sama untuk setiap halaman. Dalam desainnya pun sebaiknya tidak berubah. Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak bingung mencari navigasi.

Berbeda
Buatlah tampilan sebuah Navigasi terlihat berbeda dari tampilan lainnya. Hal ini bertujuan agar pengunjung lebih mudah mengenali bahwa bagian tersebut adalah navigasi. Agar lebih “eye cathing” pergunakan icon-icon sederhana yang menggambarkan setiap menu.

Singkat Tepat dan Jelas
Gunakan kata-kata yang tepat dengan singkat dan jelas, gunakan istilah-istilah yang lazim dipergunakan atau mudah dimengerti pengunjung.

Tunjukan Dimana Pengunjung
Setelah pengunjung mengklik salah satu menu, beri tanda bahwa ia sedang berada pada bagian itu. Dapat dengan memberi tanda pada menu navgasi, atau dengan meletakan titel atau judul dari halaman tersebut.

Jangan Lupa “Home”
Jangan lupa untuk meletakan “Home” atau “Back” pada halaman selain halaman utama atau homepage.

Buatlah pengunjung nyaman dengan navigasi yang Anda buat, karena navigasi yang baik, akan mempermudah pengunjung mencari apa yang ia inginkan.

(Sumber : Desainworld.Master.web.id)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Agustus 2007 in Web

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: