RSS

Mungkinkah Web menjadi salesman kita ?

25 Okt

Apa yang kami tulis ini lebih merupakan informasi berbagi sekaligus tips yang nyata dan realistis, tentang bagaimana memformat WEB Anda agar dapat menjadi ’salesman’ perusahaan.

Web adalah sistem, maka jelaslah bila web merupakan sistem maka web harus dapat memberikan sebuah kontribusi positif terhadap apapun yang kita inginkan. Benarkan dapat melakukan semua apa yang kita inginkan? Tidak semua!!, tapi sebagian besar yang selama ini hanya kita fikir dapat dilakukan dengan cara konvensional telah terbukti dapat diambil alih perannya oleh web.

Dalam tulisan ini kami tidak akan sempat membahas seluruh fungsi-fungsi web yang dapat menggantikan kinerja konvesional kita, karena jelas memerlukan banyak halaman dan waktu yang lama untuk menguraikan satu persatu. Namun pada kesempatan ini kami hanya akan menguraikan salah satu fungsi web yang paling menonjol dan pastinya akan disukai banyak orang, yaitu menjadikan WEB sebagai ’salesman’ kita.

Mencintai dan di Cintai oleh Google dan Yahoo itu penting !!

Bila kita ingin berhasil dalam memformat Web kita menjadi ’salesman’ kunci utamanya adalah ‘Mencintai dan dicintai oleh Google dan Yahoo’. Mengapa ? sebab sepengalaman kami tanpa dua mesin pencari raksasa itu sangat sulit sekali bagi Web kita untuk bisa dikenali orang lain terutama oleh para pencari yang memerlukan produk yang kita jual. (Anda harus yakin ini).

Bila Anda percaya akan hal itu, sekarang masalah selanjutnya adalah bagaimana agar web kita bisa mencintai dan dicintai oleh google dan yahoo?, baiklah bila Anda ingin tau jawabannya silahkan simak lanjutan uraian kami ini.
Google dan Yahoo sangat menyukai isi web yang dinamis dan selalu up to date.
Ini adalah permintaan paling sederhana dari google dan yahoo. Saran tambahan dari kami usahakan sebisa mungkin kontens yang up to date berada di halaman awal (index). Anda harus mengusahakan keinginan google dan yahoo yang satu ini, entah dalam bentuk artikel, tips atau berita yang sederhana.
Menentukan dan menuliskan Keyword.
Bila Anda memiliki web dinamis, sudah pasti ada halaman isian dalam halaman administrator untuk pengisian keyword ini (lihat ini contohnya point ke 1 gambar 2), namun bila tidak ada sebaiknya sekarang Anda tanyakan kepada pembuat web tersebut. Tentukan keyword yang Anda inginkan sesuai dengan produk-produk yang Anda jual. (keyword adalah kata kunci yang Anda harapkan, agar bila pencari mengetikkan kata ini didalam search engine google atau yahoo web Anda akan ditampilkan.
Didalam kontents yang dinamis harus mengandung keyword.
Dalam menulis kontents yang dinamis pastikan Anda menyebutkan keyword yang Anda inginkan. Misalnya saja produk Anda itu roti, maka didalam kontents tersebut paling tidak harus mengandung kata roti. Kata roti ini boleh diulang beberapa kali tapi jangan terlalu sering usahakan buat kalimat yang mengandung kata roti tersebut dalam konteks yang wajar.
Didalam Title Web Anda terdapat keyword.
Biasanya dalam sebuah web yang dinamis, ada halaman pengisian title web ini. Tuliskan beberapa keyword penting Anda di title ini. Title bisa dilihat pada bagian atas browser kita (biasanya berwarna biru). Bila Anda lihat halaman ini di bagian paling atas di browser Anda terdapat tulisan “DiBekasi.NET :: Informasi Web, Pengetahuan Web, Edukasi Web, Tips dan Trik Web”, itulah title yang kami gunakan untuk halaman yang Anda baca saat ini.
Perbanyak link dari halaman web lain yang menuju web kita
Strategi ini untuk meningkatkan link popularity web kita dan google atau yahoo sangat menyukai ini. Bagaimana caranya? Pasang iklan Anda dalam web-web iklan baris dan berikan link ke web Anda di web mereka saat mengisi kontents iklan baris, lakukan ini rutin minimal 1 bulan sekali. Kami sendiri memfungsikan iklan baris sebagai link popularity saja, tidak berharap banyak dapat penjualan langsung dari iklan baris, meski ada juga satu dua orang yang membeli produk kita langsung dari informasi iklan baris, tapi jelas ini bukan tujuan utama kami. Cara lain dapat Anda lakukan dengan barter link dengan relasi-relasi Anda yang memiliki web.
Tempatkan Admin khusus untuk web Anda
Bila ingin lebih serius, tempatkan satu orang khusus sebagai pemantau traffic web, baik email, chatting atau yang lain agar dapat melayani pengunjung dengan responsif.
Cepat balas pertanyaan pengunjung.
Buat kami ini syarat mutlak yang harus dibiasakan sejak awal. Kami tidak pernah membiarkan pertanyaan berjam-jam menunggu tanpa kepastian kapan akan dijawab baik melalui email, chatting atau yang lain (bila email dan atribut komunikasi lain). Setiap saat trafic pertanyaan pengunjung selalu kami pantau dan cepat kami tanggapi (kecuali bila terjadi kendala diserver). Bila Anda ingin menjadikan Web sebagai salesman Anda namun email saja dibuka hanya 3 hari sekali, maka saat ini kebiasaan itu harus diubah.
sumber : etalaseweb.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Oktober 2007 in Web

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: