RSS

Search Engine Optimization (SEO)

25 Okt

Apa sih Search Engine Optimization (SEO) itu dan apa fungsi serta manfaatnya? Sebelum kita tahu apa itu SEO, mari kita mulai dulu dengan apa manfaatnya. Dalam buku2 inovasi dan manajemen, mengetahui manfaat sesuatu akan membuat kita lebih mudah untuk belajar dan lebih bersemangat dalam mencari ilmu.

Coba anda buka Google dan cari sesuatu disana, misalnya “Free Download”. Berapakah hasil pencariannya? Jutaan situs yang menyediakan Free Download. Lalu dimanakah situs anda? Inilah inti masalah kenapa perlu ada SEO. Rata-rata pengguna Search Engine hanya melakukan browsing hingga halaman 4-5 saja. Bahkan sebagian besar hanya membuka halaman pertama. Jika dia sudah menemukan di halaman pertama, dia takkan melanjutkan pencarian di halaman-halaman berikutnya.

Maka website yang berhasil meraih posisi halaman pertama peluang untuk dikunjungi sangat besar. Karena bisa dipastikan website-website tersebut akan diklik oleh pengguna Search Engine (SE).

Bagaimana cara meraih posisi halaman pertama atau bahkan nomor pertama? SEO adalah jawaban semua ini. Dan sekarang kita akan mempelajarinya lebih dalam dan detail.
Metode Search Engine Optimization

Bagi anda pembeli WordPress Complete CD, anda bisa membaca ulasan lebih lengkap tentang SEO di buku “SEO Elite Power Guide” karangan Aaron Matthew Wall. Buku yang cukup lengkap membahas SEO tapi dalam bahasa Inggris..

Secara umum, ada dua metode SEO, diantaranya :
– Inside SEO : Melakukan berbagai trik dan optimasi di dalam halaman web itu sendiri.
– Outside SEO : Melakukan optimasi dari luar halaman website.

Kemungkinan pada artikel kali ini saya akan coba jelaskan yang inside SEO dulu. Baru di pertemuan mendatang insya Allah saya coba jelaskan yang outside SEO. Insya Allah kalau masih ada umur dan semangat akan saya jelaskan pula bagaimana menerapkan SEO pada WordPress serta aneka plugin yang bermanfaat untuk mengoptimalkan website kita. Makanya sering-sering datang kesini. Atau kalau perlu di bookmark
Memilih Kata Kunci (Keyword)

Banyak sekali webmaster maupun blogger yang mengabaikan hal ini. Sayangnya seorang blogger seniorpun membuat pernyataan untuk tidak terlalu mengurusi keyword. Alhasil, saat ini sangat sulit mencari artikelnya yang berada di posisi pertama. hehehe….

BTW, apa sih kata kunci / keyword itu? Kata kunci adalah kata atau frase dimana orang akan menggunakan kata itu mencari sesuatu. Bingung kan? Saya aja bingung kok.. Intinya gini, dengan menggunakan kata atau frase apa orang bisa menemukan website anda? Misalnya anda membuat website tentang SEO, maka anda ingin ketika ada yang mengetikkan “SEO” di search engine, website anda akan muncul sebagai yang pertama. Kata inilah yang disebut keyword.

Bagaimana Memilih Kata Kunci

Banyak ahli SEO yang menyatakan untuk memilih Frase Kunci daripada kata kunci, kecuali jika kata itu memang masih belum banyak pesaing. Misalkan saya kata “Free”. Kata ini terlalu luas dan bisa dimaknai apa saja. Jika anda membuat web tentang Free Photoshop Tutorial, maka kata kunci yang tepat adalah “Free Photoshop Tutorial” atau “Photoshop Tutorial”. Jika anda menggunakan “Free” saja atau “Photoshop” saja atau bahkan “Tutorial” saja, maka cakupannya jadi sangat luas dan kurang mengena sasaran.

Yang kedua carilah kata kunci yang banyak dipakai orang untuk mencari. Banyak tool yang tersedia untuk ini berikut beberapa diantaranya :
http://inventory.overture.com/d/searchinventory/suggestion/
https://adwords.google.com/select/main?cmd=KeywordSandbox
http://www.digitalpoint.com/tools/suggestion/
http://www.wordtracker.com/ – Anda perlu download dan install softwarenya
http://www.goodkeywords.com/ – Anda perlu download dan install softwarenya

Cukup memasukkan kata kunci andalan dan anda akan mendapatkan hasil daftar kata kunci yang banyak dicari berdasarkan jumlah pencarian. Kata kunci teratas adalah kata yang banyak dicari.

Yang ketiga perhatikan pesaing. Jika pesaingnya terlampau berat, selisih Page Rank-nya cukup jauh, maka sebaiknya anda mencari kata kunci di bawahnya yang cukup banyak dicari namun sedikit pesaing. Mungkin disinilah seni dalam SEO dan anda perlu banyak berlatih untuk ini. Jangan harap ada program SEO instan (walau memang ada) yang mampu melejitkan web anda tanpa latihan terlebih dahulu.

Saya tekankan sekali lagi, untuk benar-benar memperhatikan masalah ini. Salah langkah dalam menentukan kata kunci, maka bersiaplah untuk menduduki halaman-halaman terakhir hasil pencarian search engine
Meta Tags

Beberapa Search Engine menggunakan meta tag sebagai text untuk menampilkan hasil di search engine. Tapi untuk search engine besar seperti Yahoo dan Google, Meta tag hanya digunakan jika robot SE tak mampu menemukan kata lain disana. Misalnya website galery foto, album, dll.

Ada dua meta tags yang penting diketahui yaitu META KEYWORDS dan META DESCRIPTION. Saya tak menjelaskan apa itu meta disini. Silahkan anda cari tahu sendiri di website-website yang membahas soal HTML.
Title

Sering saya lihat para blogger, khususnya yang memakai blogger.com sebagai enginenya, menggunakan title yang kurang SEO. Tapi apa mau dikata, memang itu setting dari blogger sendiri. Untuk mengoptimalkan tag title, kata kunci yang diperjuangkan hendaknya diletakkan di tempat terdepan. Jadi jika anda membahas free tutorial photoshop, maka hendaknya titlenya seperti ini “Free Tutorial Photoshop” atau jika targetnya pengunjung Indonesia titlenya “Belajar Photoshop Gratis” atau “Tips Trik Belajar Photoshop”.

Kebanyakan Search Engine tidak case sensitive, artinya kata “photoshop” dan “PHOTOSHOP” akan dianggap sama. Maka kalau bisa gunakan huruf kapital pada title, agar pengguna mesin pencari dapat melihat judul anda dikerumunan hasil pencarian.
Header

Berapa tag <h1> di blog anda? Apakah ada tag <h2> sampai <h4> ? Pastikan tag-tag tersebut ada di setiap halaman website. Untuk wordpress, kita sebenarnya bisa mengoptimalkan tag ini. Caranya sebagai berikut :
Buat Judul blog berganti-ganti dan menggunakan tag <h1>. Jadi ketika pengunjung membuka artikel maka judul blog berganti menjadi judul artikel.
Biasanya judul blog terletak diatas kan? Nah, untuk judul artikelnya buat tag <h2> sehingga sudah 2 tag kita miliki.
Nah, dalam tiap halaman artikel ada tempat untuk komentar, gunakan header komentar menggunakan <h3>. Sehingga menjadi seperti ini “Komentar untuk Judul Artikel”.
Untuk sidebarnya, gunakan saja <h4> di tiap-tiap bagian blok.

Selain itu, anda juga perlu memecah artikel menjadi beberapa bagian menggunakan header <h3>.
Bold, Italic dan Underline

Sekarang kita perlu membuat tag tebal atau miring atau bergaris bawah pada kata-kata yang mengandung kata kunci kita. Pilih salah satu dan jangan terlampau banyak. Gunakan kata kunci di setiap 100 kata dan tebalkan atau miringkan atau garis bawahi.
Gambar

Gambar biasanya hanya ditempatkan begitu saja. Hendaknya dalam menempatkan gambar tambahkan atribut alt dan title pada setiap gambar dan gunakan keyword disana. Bagaimana kalau tak ada gambar? Maka usahakan ada dan tak harus relevan dengan artikel. Yang penting anda bisa memasukkan tag gambar dan menempatkan atribut alt disana. Cukup satu gambar per artikel.
Footer

Lihat bagian paling bawah dari blog anda. Seharusnya disitu ada kata kunci anda. Bila anda melihat source-nya melalu menu View-Source, maka sebelum tag </body> anda harus meletakkan satu kata kunci lagi. Bila anda mampu membuat semua halaman web anda seperti ini, maka anda telah memenuhi satu metode SEO. Tinggal berikutnya Outside SEO yang harus anda jalankan.

Bila strategi SEO sudah dijalankan, bukan mustahil kini Anda sudah mempunyai seorang salesman tangguh yang bernama Google atau Yahoo, yakinkan lagi dengan membaca ”Web Sebagai Salesman” .
sumber : http://etalaseweb.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Oktober 2007 in Web

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: